This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chotimah, Chusnul (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRATIF AGAMA DAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ‘ULUM STEP-2 ISLAMIC DEVELOPMENT BANK PETERONGAN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran integratif agama dan sains di madrasah? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di madrasah? (3) Adakah pengaruh pembelajaran integratif agama dan sains terhadap hasil belajar peserta didik di madrasah? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dikotomi keilmuan, banyak para pemikir yang beranggapan bahwa agama dan sains merupakan dua kutub yang tidak dapat didamaikan. Seolah-seoalah istilah itu bukanlah merupakan satu kesatuan, tidak mempunyai keterkaitan dan terpisah serta harus berdiri sendiri. Oleh sebab itu lahirlah sebuah islamisasi ilmu, dalam hal ini terwujud dalam bentuk pembelajaran integratif agama dan sains sebagai salah satu program unggulan di madrasah dimana dalam mengajarkan sains atau pengetahuan umum dikaitkan dengan dalil naqli yakni dari al-Qur’an dan hadits. Data-data penelitian ini dihimpun dari Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Step-2 Islamic Development Bank Jombang sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan dua variabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus “r” product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran integratif termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil angket 41 prosentase responden sebesar 25% dari rentangan 42 – 43. (2) Hasil belajar peserta didik adalah baik. Hal ini berdasarkan analisa hasil prosentase responden 75% pada rentangan 80 – 90 dengan rata-rata 89. (3) Tidak adanya pengaruh pembelajaran integratif agama dan sains terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Ungulan Darul ‘Ulum Step-2 Islamic Development Bank Jombang. Hal ini terbukti ditolaknya Ha dan diterimanya Ho dengan nilai “r” sebesar 0,223 lebih kecil dari “r” tabel.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Chotimah Chusnul | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2017 06:45 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2017 06:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15759 |
Actions (login required)
View Item |