This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latifah, Nur (2017) PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS V MI DARUL HIDAYAH TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Minat belajar siswa sangat rendah. Dibuktikan dengan hasil angket minat belajar siswa yang tergolong rendah dan sangat rendah 26 siswa dengan prosentase 57,78% dan siswa tergolong minat belajar tinggi dan sangat tinggi hanya 19 siswa dengan prosentase 42,22%. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran Aqidah Akhlak hanya menggunakan metode ceramah. Salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu melalui penerapan strategi quick on the draw.Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana minat belajar siswa kelas V MI Darul Hidayah Tulangan Sidoarjo sebelum diterapkan strategi quick on the draw? 2) Bagaimana penerapan strategi quick on the draw di kelas V MI Darul Hidayah? 3) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa kelas V MI Darul Hidayah setelah diterapkan strategi quick on the draw?Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui minat belajar siswa kelas V MI Darul Hidayah Tulangan Sidoarjo sebelum diterapkan strategi quick on the draw. 2) Mengetahui penerapan strategi quick on the draw di kelas V MI Darul Hidayah. 3) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas V MI Darul Hidayah setelah diterapkan strategi quick on the draw.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman siswa, penilaian sikap, observasi, wawancara, serta dokumentasi.Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Minat belajar siswa rendah. 2) Penerapan strategi Quick on The Draw dilakukan melalui tahapan siswa dibagi menjadi 5 kelompok untuk memainkan sebuah permainan. Dalam permainan tersebut siswa akan mendapatkan kartu soal untuk didiskusikan dengan anggota kelompok. Siswa secara bergantian menjawab pertanyaan dari soal. Dalam penerapannya diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat nilai akhir 59 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 88 (sangat baik) serta hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 90 (sangat baik). 3) Minat belajar siswa setelah diterapkan strategi mengalami peningkatan dengan hasil angket minat belajar dan nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 42,22% dengan hasil belajar 46,67%. Siklus I diperoleh hasil minat belajar 66,67%, hasil belajar 68,89%. Pada siklus II meningkat menjadi 91,11% dan hasil belajar 88,89% dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Minat Siswa |
||||||
Keywords: | Minat; Strategi; Quick On The Draw | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Latifah Nur | ||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2017 07:36 | ||||||
Last Modified: | 01 Mar 2017 07:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15763 |
Actions (login required)
View Item |