This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fanani, Tsalis Qori (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI METODE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V MI MA'ARIF NU ISLAMIYAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 .pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita di lapangan yang menjelaskan bahwa kurang optimalnya Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar, sehingga berdampak kepada pemahaman siswa-siswi dalam memahami keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia . Berdasarkan dari dokumentasi nilai hasil belajar siswa kelas V, diperoleh data sebanyak 40% dari jumlah 20 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 70. Hal ini tidak sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80%. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan dan peningkatan Kemampuan Memahami Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Melalui Metode Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MI Ma’arif NU Islamiyah Lamongan?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan metode scramble Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MI Ma’arif NU Islamiyah Lamongan serta untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Memahami Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Melalui Metode Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MI Ma’arif NU Islamiyah Lamongan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 20 siswa dan tempat penelitian di MI Ma’arif NU Islamiyah Lamongan. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, butir soal dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Scramble pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif NU Islamiyah dapat dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yakni dari observasi guru mendapat skor peningkatan dari 60 menjadi 86,4. Kemudian skor aktivitas siswa dari perolehan 69,4 menjadi 85,2. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan berhasil. Hal ini dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari 57,5 menjadi 65 kemudian menjadi 83.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Fanani Tsalis Qori | ||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2017 06:44 | ||||||
Last Modified: | 01 Mar 2017 06:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15767 |
Actions (login required)
View Item |