This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosyadi, Nur Jamilah (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI HASYIM ASY'ARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita di lapangan yang menjelaskan bahwa kurang optimalnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar, penggunaan serta keterlibatan media yang kurang maksimal, sehingga berdampak kepada keterampilan siswa-siswi dalam menulis, mayoritas siswa melakukan aktivitasnya sendiri saat pembelajaran sedang berlangsung. Berdasarkan dari dokumentasi nilai keterampilan menulis cerita siswa kelas II, diperoleh data sebanyak 43% dari jumlah 32 siswa yang nilainya mencapai KKM. Hal ini tidak sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80%. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan dan peningkatan keterampilan menulis cerita melalui model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas II MI Hasyim Asy’ari Mojokerto? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis cerita melalui model pembelaran Word Square berbantuan media gambar pada mata pelajaran bahasa indonesia di Kelas II MI Hasyim Asy’ari Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 32 siswa dan tempat penelitian di MI Hasyim Asy’ari Mojokerto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; Planning, Acting, Observing, Reflecting . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, product assesment dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik product assesment, dengan memperhatikan 4 kriteria keteramplan menulis cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dapat dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, yakni dari observasi guru mendapat skor peningkatan dari 66,3 menjadi 87,5. Kemudian skor aktivitas siswa dari perolehan 59,5 menjadi 90,9. Selain itu peningkatan keterampilan menulis siswa juga dapat dikategorikan berhasil. Hal ini dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari 63,75 (tidak baik) menjadi 69,3 (cukup) kemudian menjadi 85,34 (baik).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Keterampilan Menulis Cerita; Model Pembelajaran Word Square berbantuan Media Gambar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Rosyadi Nur Jamilah | ||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2017 06:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Mar 2017 06:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15785 |
Actions (login required)
View Item |