Peningkatan mutu pendidikan di sekolah berkategori the outstanding school of Muhammadiyah: studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Hidayatulloh (2016) Peningkatan mutu pendidikan di sekolah berkategori the outstanding school of Muhammadiyah: studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan: (1) Bagaimanakah upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo?, (2) Bagaimanakah manajemen mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo?, dan (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo? Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini menghasilkan jawaban sebagai berikut: (1) Peningkatan mutu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dilakukan melalui: evaluasi diri dan penyusunan program sekolah, penguatan visi, misi, dan tujuan pendidikan, penguatan kepemimpinan dan teamwork, peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, peningkatan mutu input peserta didik, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pengembangan kultur sekolah, pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama pendidikan dan pertukaran pelajar, mobilisasi sumber dana pendidikan, pengembangan SIM, monitoring dan evaluasi, dan pengembangan sistem manajemen mutu pendidikan; (2) Manajemen mutu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dijalankan dengan pola input-proses-output. Pada proses mutu terdiri dari proses perencanaan mutu, proses inti, proses pendukung, dan proses peningkatan mutu; dan (3) Faktor yang mendukung peningkatan mutu: nama besar Muhammadiyah, doktrin peningkatan mutu pendidikan, kepemimpinan berparadigma TORSIE, semangat berprestasi warga sekolah, sinergitas warga sekolah, fasilitas yang memadai, dan dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini menghasilkan tiga proposisi teoretik: (1) Pemilihan strategi secara tepat mampu meningkatkan mutu pendidikan; (2) Implementasi manajemen mutu pendidikan secara konsisten akan menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) Keunggulan dan kemampuan sekolah dalam memberikan pelayanan terbaik meningkatnya kepercayaan dan penghargaan dari berbagai pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Hidayatullohhidayatullah@umsida.ac.idFO150835
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainuri, Ach.ajainuri@hotmail.com2020125103
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hidayatulloh Hidayatulloh
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:07
Last Modified: 10 Dec 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15809

Actions (login required)

View Item View Item