This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dzikri, Multazamudz (2017) Pendidikan dan reproduksi Kelas Sosial: studi analisis proses reproduksi Kelas Sosial dalam perspektif Pierre Boudie di Sma al Khadijah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Melalui pendidikan, berbagai pola pembiasaan dan penciptaan prilaku dapat dapat ditentukan. Pendidikan membentuk suatu habitus tertentu yang hanya dimiliki oleh masyarakat tertentu pula yang mendapatkan fasilitas dan akses dalam pendidikan tersebut. Pendidikan yang semula bermakna sebagai alat yang mentransformasikan pengetahuan pada setiap generasi, akhirnya berubah menjadi alat untuk mengukuhkan kelas sosial yang ada. Pendidikan, terutama pendidikan persekolahan yang semula bermakna sebagai proses transformasi kesadaran (consciousnes) justru menjadi lembaga reproduksi kelas sosial. Sekolah merupakan institusi yang paling efektif untuk melestarikan budaya-budaya yang dimiliki kelas dominan. Melalui hidden kurrikulumnya, sekolah mempengaruhi sikap dan kebiasaan siswa dengan menggunakan budaya kelas dominan. Dalam penelitian ini penulis membagi permasalahannya menjadi tiga bentuk rumusan masalah : pertama, bagaimana hubungan berdirinya SMA Khadijah Surabaya dengan reproduksi kelas sosial menurut pemikiran Pierre Bourdieu? Kedua, bagaimana proses reproduksi kelas sosial di SMA Khadijah Surabaya menurut pemikiran Pierre Bourdieu? ketiga, bagaimana hasil reproduksi kelas sosial di SMA Khadijah Surabaya menurut pemikiran Pierre Bourdieu?. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menjabarkan proses terjadinya reproduksi kelas sosial menurut pemikiran Pierre Bourdieu. Tujuan lainnya adalah mengetahui hasil dari proses reproduksi kelas sosial di SMA Khadijah Surabaya. Pendekatan penelitian dalam thesis ini adalah rancangan studi analisis dengan berorientasi pada pendekatan kualitatif. Setelah proses lama penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Seiring berkembangnya SMA Khadijah Surabaya secara tanpa disadari telah berada pada Sekolah yang memiliki kelas sosial tinggi. Sehingga dalam pelaksanaanya SMA Khadijah Surabaya mampu membentuk kelas sosial muslim moderat 2). Penanaman budaya dimasukkan melalui sistem pembelajaran, peraturan, dan ketetapan sekolah serta melalui pembiasaan-pembiasaan dalam berinteraksi. 3). Temuan reproduksi kelas yang diperoleh peneliti selama kurang lebih 2 bulan melakukan penelitian dipetakan menjadi 3 bagian, yakni life style, kelas sosial muslim moderat, dan akhlakul karimah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Pendidikan; Reproduksi Kelas Sosial; SMA Khadijah Surabaya | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dzikri Multazamudz | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16084 |
Actions (login required)
View Item |