This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maghfiroh, Nurul (2017) Penguatan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDI al Muawwanah Sememi Benowo Surabaya: problematika dan alternatif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana upaya penguatan Mata Pelajaran PAI di SDI Al-Muawwanah Sememi Surabaya? (2) Bagaimana problematika penguatan Mata Pelajaran PAI di SDI Al-Muawwanah Sememi Surabaya? (3) Bagaimana solusi mengatasi problematika penguatan Mata Pelajaran PAI di SDI Al-Muawwanah Sememi Surabaya ? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih bersifat normatif, dalam arti pendidikan agama menyajikan norma-norma yang seringkali tanpa ilustrasi konteks sosial budaya sehingga siswa kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam keseharian. Selain itu, metodologi pendidikan agama tidak kunjung berubah sejak dulu hingga sekarang, padahal masyarakat yang dihadapi sudah banyak mengalami perubahan. Sehingga banyak nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran PAI tidak terimplementasikan dengan baik. Data-data penelitian ini dihimpun dari Sekolah Dasar Islam Al-Muawwanah Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan menunjukkan bahwa siswa dapat menjadi manusia yang taat beragama dan berakhlak mulia serta mengenal budaya agama islam dan mampu menerapkan perbuatan-perbuatan yang di anjurkan oleh agama islam dalam kehidupannya sehari-hari. Problematika yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al Muawwanah Surabaya di antaranya siswa kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan benar karena latar belakang dari keluarga yang kurang memahami agama, serta lingkungan yang kurang mendukung untuk mempelajari ilmu agama, belum diadakan penataran bagi guru Pendidikan Agama Islam dan sarana/alat pembelajaran yang masih terbatas. Sedangkan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al Muawwanah Surabaya diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Agamisasi yang mencakup Qur’anisasi yang artinya berusaha menciptakan sekolah yang memiliki pondasi agama yang kuat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; PAI; Problematika; Alternatif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Maghfiroh Nurul | ||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2017 03:05 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2017 03:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16128 |
Actions (login required)
View Item |