This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fikriyah, Ely Sahillah (2017) Pengembangan media Football aljabar pada pembelajaran matematika materi aljabar di SMP Al-Azhar Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Aspek pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan generasi bangsa. Mengingat sulitnya siswa untuk memahami dan menangkap materi pembelajaran, guru diminta kreatif dalam menyampaikan materi sehingga siswa tertarik dan termotivasi, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Materi aljabar ialah salah satu materi pokok yang diajarkan di kelas VII, pembelajaran dihadapkan pada simbol yang abstrak yaitu variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media football aljabar yang valid, praktis, dan efektif guna memantapkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, Pengembangan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode R&D yang terdiri dari sepuluh tahapan pengembangan, namun peneliti ini hanya dilakukan sampai pada uji coba produk. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas VII Intensif B di SMP Al-Azhar Menganti tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh selama penelitian berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa, serta nilai tes matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes matematika, dan angket respon siswa. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan media football aljabar dengan rata-rata total validitas sebesar 3,7. Media football aljabar memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 100%; respon positif siswa sebesar 94,16; dan persentase aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dibandingkan siswa yang tidak mendukung KBM. Tes matematika siswa yang mencapai skor diatas KKM diperoleh persentase sebesar 90%. Media football aljabar memenuhi kriteria praktis karena seluruh indikator dalam keefektifan terpenuhi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Fikriyah Ely Sahillah | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:54 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16172 |
Actions (login required)
View Item |