PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZIKIR SETELAH SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS II A MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA (MINU) WEDORO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZIKIR SETELAH SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS II A MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA (MINU) WEDORO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar fiqih materi zikir setelah shalat fardhu pada siswa kelas II A Minu Wedoro Sidoarjo dikarenakan guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode ceramah saja sehingga selama proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang terlibat aktif sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan sulit memahami serta menerima materi pembelajaran. Dari penyebab tersebut berpengaruh pada hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Oleh sebab itu peneliti mengambil tindakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui strategi Practice-Rehearsal Pairs.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar fiqih materi zikir setelah shalat fardhu pada siswa kelas II A MINU Wedoro Sidoarjo sebelum menggunakan strategi Practice-Rehearsal Pairs? (2) Bagaimana penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs dalam meningkatkan hasil belajar fiqih materi zikir setelah shalat fardhu pada siswa kelas II A MINU Wedoro Sidoarjo? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar fiqih materi zikir setelah shalat fardhu dengan diterapkannya strategi Practice-Rehearsal Pairs pada siswa kelas II A MINU Wedoro Sidoarjo?.
Peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan rumusan masalah di atas telah diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) perolehan prosentase ketuntasan hasil belajar tes tulis dan performance sebelum menggunakan strategi Practice-Rehearsal Pairs sebesar 45,45% dan 33,33%. (2) langkah-langkah penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs yaitu: (a) peserta didik membentuk kelompok secara berpasang-pasangan. Dalam pasangan tersebut, terdapat dua peran, yaitu penjelas atau pendemonstrasi dalam melafalkan zikir setelah shalat fardhu dan pemerhati atau penilai. (b) pasangan bertukar peran. (c) guru mempersiapkan potongan kertas HVS yang nantinya akan direfleksikan oleh peserta didik. (d) peserta didik diminta untuk menceritakan, mendeskripsikan, dan mengingat kembali hal-hal yang pernah dialaminya dengan cara mengerjakan evaluasi berupa tes tulis dan tes performance. Dari penerapan tersebut pada siklus I telah diperoleh hasil observasi guru sebesar 70,83% dan hasil observasi peserta didik sebesar 62,5% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperoleh hasil observasi guru sebesar 93,75% dan hasil observasi peserta didik sebesar 88,63% (3) Hasil evaluasi akhir dari prosentase ketuntasan hasil belajar tes tulis dan nilai performance dalam melafalkan zikir setelah shalat fardhu pada siklus I diperoleh sebesar 62,5% (kurang). Sedangkan hasil evaluasi akhir dari prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 86,66% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zumrotul Mukaffa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Fiqih; strategi Practice-Rehearsal Pairs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:29
Last Modified: 08 Apr 2015 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item