This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ihsana, Kamalia (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS V MI RADEN RAHMAT KARANGREJO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil realita yang ada, bahwa dalam penerapan pembelajaran SKI materi Akhir Hayat Rasulullah SAW pada siswa kelas V MI Raden Rahmat Karangrejo Surabaya, guru masih cenderung monoton dalam penggunaan metode pembelajaran, yaitu dengan ceramah dan penugasan. Hal itu menyebabkan pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal dengan prosentase 33.33%, karena saat pembelajaran berlangsung sering kali siswa merasa bosan, tidak semangat, tidak termotivasi, sehingga tidak bisa fokus pada materi yang disampaikan.
Merujuk pada latar belakang yang ada, maka dibuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan model Cooperative Learning tipe TTW pada pembelajaran SKI siswa kelas V MI Raden Rahmat Karangrejo Surabaya?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas V MI Raden Rahmat
Karangrejo Surabaya setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe TTW?.
PTK ini dilaksanakan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning tipe TTW pada pembelajaran SKI siswa kelas V MI Raden Rahmat Karangrejo Surabaya?, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar SKI
siswa kelas V MI Raden Rahmat Karangrejo Surabaya setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe TTW?.
Penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklusnya, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh: 1) Penerapan model pembelajaran tersebut telah dilaksanakan dengan baik, dan terdapat peningkatan pada tiap siklusnya. Pada observasi aktivitas guru Siklus I mencapai 74% dan pada Siklus II meningkat menjadi 89%. Sedangkan pada observasi aktivitas siswa Siklus I mencapai 72% dan pada Siklus II meningkat menjadi 89%. 2) Selain itu, hasil belajar siswa juga lebih baik.
Hal ini bisa dibuktikan dari nilai rata-rata siswa pada Siklus I mencapai 68.75 dengan prosentase 50%, dan pada Siklus II meningkat mencapai 81.66 dengan prosentase 91.66%. Jadi, model Cooperative Learning tipe TTW yang diterapkan telah membawa pengaruh positif pada siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Akhir Hayat Rasulullah SAW; Model Cooperative Learning Tipe TTW | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2015 09:07 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 09:07 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |