This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Andriyani, Meiliya (2017) Korelasi antara strategi pembelajaran Learning Starts With a Question dan stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap lembaga pendidikan Islam adalah mata pelajaran pendidikan agama Islam yang memiliki konstribusi dalam memberikan stimulasi kepada siswa untuk memahami materi yang disampaikan dan Strategi yang cocok untuk meningkatkan siswa aktif bertanya adalah learning starts with a question dimana dalam hal ini ada hubungannya dengan stimulasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara strategi pembelajaran learning starts with a question dan stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif explanatif. Kemudian strategi pembelajaran learning starts with a question sebagai variabel bebas (Independent) dan stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah sebagai variabel terikat (dependent). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling menggunakan metode sampling acak sederhana (simple random sampling) dengan menyebarkan angket yang berjumlah 40 soal yang terdiri atas 20 soal tentang strategi pembelajaran learning starts with a question dan 20 soal untuk stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah yang diberikan kepada 19 siswa kelas VIII.Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan tabel interpretasi nilai r Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran learning starts with a question pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah dalam kategori baik yaitu berada pada interval nilai 61-80 dengan nilai rata-rata 80,05.(2) Stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu berada pada interval nilai 81-100 dengan nilai rata- rata 81.(3) Hasil dari penghitungan menggunakan product moment kasar menunjukkan bahwa nilai rXY hitung sebesar 0,855 dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%), maka dapat diperoleh harga r tabel sebesar 0,456. Ternyata harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,855 > 0,456). Dengan demikian dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat korelasi antara strategi pembelajaran learning starts with a question dan stimulasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri I Glagah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | ANDRIYANI MEILIYA | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2017 06:57 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2017 06:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16248 |
Actions (login required)
View Item |