PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI BAGI SISWA KELAS II MI BUSTANUL ULUM BAKALAN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjanah, Siti (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI BAGI SISWA KELAS II MI BUSTANUL ULUM BAKALAN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan nilai hasil belajar siswa kelas II MI Bustanul Ulum Bakalan Jombang pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji yang masih di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hal ini disebabkan karena guru kurang maksimal dalam mengajarkan materi kepada peserta didik. Sehari-harinya guru menerapkan metode yang membuat siswa bosan. Hal tersebut berdampak buruk terhadap hasil belajar peserta didik. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui metode role playing yang dilakukan dalam 2 siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji pada siswa kelas II MI Bustanul Ulum Bakalan Jombang? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas II setelah diterapkan metode role playing pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Bustanul Ulum Bakalan Jombang?
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Bentuk penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah bentuk kolaboratif. Dalam pelaksanaannya, PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dalam siklusnya dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi.
Dalam pelaksanaannya menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji dilaksanakan dengan baik pada siklus I maupun pada siklus II dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dimana dalam penerapannya yakni guru menunjuk beberapa siswa sebagai pemeran dan beberapa siswa sebagai pengamat. Kemudian guru menjelaskan tugas kepada masing-masing siswa yang menjadi pengamat maupun yang menjadi pemeran. Setelah siswa selesai memainkan perannya siswa diberi soal tes tulis dan lembar skala sikap. Dengan diterapkannya metode role playing hasil belajar aqidah akhlak kelas II meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas cukup baik pada siklus I yakni sebesar 77,53 dengan prosentase ketuntasan belajarnya yakni 70%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yakni rata-rata kelas meningkat sebesar 89,5 dengan prosentase ketuntasannya mencapai 93,3%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang besar dan dapat dikategorikan sangat baik karena sudah mencapai target yang diharapkan yakni 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zumrotul Mukaffa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjanah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak; Metode Role Playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2015 09:12
Last Modified: 08 Apr 2015 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item