This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arkham, Hanni Pratiwi (2014) PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI SMP NEGERI 4 SURABAYA BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penalaran adaptif (adaptive reasoning) merupakan salah satu kompetensi matematis yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Penalaran adaptif tidak dapat dipisahkan dari kecakapan matematika lainnya, terutama pemecahan masalah. Permasalahan matematika biasanya dituangkan melalui soal-soal yang berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun ruang dan dapat menjadi acuan untuk memahami penalaran adaptif siswa sehingga guru dapat mendesain pembelajaran yang dapat memfasilitasi semua siswa untuk mengembangkan penalaran adaptifnya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas IX-C SMP Negeri 4 Surabaya yang terdiri dari 3 subjek laki-laki dan 3 subjek perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan soal penalaran adaptif dan wawancara. Soal penalaran adaptif dan wawancara dianalisis berdasarkan lima indikator penalaran adaptif, yaitu: siswa mampu mengajukan dugaan atau konjektur, siswa mampu memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan, siswa mampu menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, siswa mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, dan siswa mampu menemukan pola dari sesuatu masalah matematis.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data sebagai berikut: penalaran adaptif SL1 sangat baik, memenuhi empat indikator yaitu siswa mampu mengajukan dugaan atau konjektur, siswa mampu memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan, siswa mampu menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, dan siswa mampu menemukan pola dari sesuatu masalah matematis. Penalaran adaptif SL2, SP2, dan SP3 baik, memenuhi empat indikator yaitu siswa mampu mengajukan dugaan atau konjektur, siswa mampu memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan, siswa mampu menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, dan siswa mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. Penalaran adaptif SL3 cukup baik, memenuhi dua indikator yaitu siswa mampu mengajukan dugaan atau konjektur dan siswa mampu memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan. Penalaran adaptif SP1 cukup baik, memenuhi tiga indikator yaitu siswa mampu mengajukan dugaan atau konjektur, siswa mampu memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan, siswa mampu menarik kesimpulan dari suatu pernyataan. Subjek laki-laki cenderung kurang cermat dan teliti dalam menyelesaikan soal, hal ini mendukung Krutetskii yang menyatakan bahwa “perempuan lebih unggul daripada laki-laki dalam ketepatan, ketelitian, kecermatan, dan keseksamaan berpikir”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Yuni Arrifadah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Penalaran Adaptif; Indikator Penalaran Adaptif; Soal Cerita Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2015 09:35 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 09:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1628 |
Actions (login required)
View Item |