This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hasan, Anisa (2017) Penerapan metode Role Playing (bermain peran)untuk meningkatkan pemahaman penjumlahan dan pengurangan bilangan pada mata pelajaran Matematika kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika, yakni kurangnya variasi dalam metode yang digunakan guru dalam mengajar serta tingkat pemahaman siswa 70% rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan metode Role Playing (Bermain Peran). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo? Dan 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi setelah menggunakan Metode Role Playing (Bermain Peran) pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo? Dengan tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo. 2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi setelah menggunakan Metode Role Playing (Bermain Peran) pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, dokumentasi serta tes hasil pemahaman. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: aktivitas guru dalam nilai 84 atau termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus 2 aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi 99 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 skornya 81 atau dalam kategori baik namun dalam siklus 2 aktivitas siswa mengalami peningkatan hingga skornya mencapai 96 atau dalam kategori sangat baik. Peningkatan pemahaman siklus I dari 32 siswa yang tuntas hanya 12 siswa dan siswa yang tidak tuntas pemahaman 20 siswa atau hanya 37,5% dalam kategori kurang, sedangkan siklus II nilai ketuntasan pemahaman siswa dari 32 siswa tutas semua atau 100% dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan dari siklus I ke siklus II ketuntasan pemahaman mengalami kenaikkan yang cukup signifikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Anak Pendidikan > Metode |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Hasan Anisa | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2017 07:29 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2017 07:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16288 |
Actions (login required)
View Item |