This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Umayah, Firda (2014) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN YANG DISESUAIKAN DENGAN JENIS KECERDASAN SISWA PENGGUNA STIFIn DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUDUT DALAM DAN SUDUT LUAR SEGITIGA KELAS VII DI SMP IT AL- AMRI PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan bahwa terdapatnya lima karakter kecerdasan siswa pengguna STIFIn yang tidak diimbangi dengan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter kecerdasan mereka.Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah tentang pengembangan pembelajaran yang disesuaikan dengan jenis kecedasan siswa pengguna STIFIn pada mata pelajaran matematika materi sudut dalam dan sudut luar segitiga.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg & Gall. Metode pengembangan Borg & Gall yang digunakan terdiri dari tujuh tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji lapangan, dan revisi produk akhir.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti mendapatkan data terkait proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan karakter STIFIn. Peneliti juga mendapatkan data terkait kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan karakter siswa sensing, thinking, intuiting, feeling, dan insting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran yang dilakukan memiliki nilai kevalidan RPP 3,7 dan nilai kevalidan LKS 3,6. Sedangkan untuk kepraktisan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai B yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Terkait keefektifan pembelajaran dinyatakan baik dan sesuai dengan karakter siswa STIFIn. Hal ini dapatdilihat dari aktivitas siswa yang dinyatakan efektif, keterlaksanaan semua kegiatan pembelajaran, respon siswa yang dinyatakan positif, dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pengembangan; Pembelajaran; Matematika; STIFIn | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2015 09:41 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 09:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1630 |
Actions (login required)
View Item |