Penerapan media bagan pohon untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Islamiyah Kepoh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widharani,, Rhima. (2017) Penerapan media bagan pohon untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Islamiyah Kepoh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Islmaiyah Kepoh dalam hal memahami materi PKn, sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui media bagan pohon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media bagan pohon untuk meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga negara di kelas IV MI Islamiyah Kepoh dan mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PKn materi lembga-lembaga negara setelah menggunakan media bagan pohon di MI Islamiyah Kepoh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaa, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggungakan media bagan pohon dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, tes, dokumentasi, peneliti juga melakukan wawancara agar data yang diperoleh semakin valid. Hasil penelitian pada kegiatan prasiklus menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebanyak 8 siswa (57,89%). Kemudian pada siklus I tepatnya setelah diberikan tindakan diperoleh sebanyak 15 atau 73,68% siswa mencapai ketuntasan minimal dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47% atau 17 siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat terlihat bahwa mulai dari prasiklus ke siklus I dan ke siklus II terjadi peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widharani,, Rhima.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Peningkatan pemahaman; PKn; Media bagan pohon
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widharani Rhima
Date Deposited: 03 May 2017 03:05
Last Modified: 03 May 2017 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item