This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widharani,, Rhima. (2017) Penerapan media bagan pohon untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Islamiyah Kepoh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Islmaiyah Kepoh dalam hal memahami materi PKn, sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui media bagan pohon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media bagan pohon untuk meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga negara di kelas IV MI Islamiyah Kepoh dan mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PKn materi lembga-lembaga negara setelah menggunakan media bagan pohon di MI Islamiyah Kepoh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaa, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggungakan media bagan pohon dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, tes, dokumentasi, peneliti juga melakukan wawancara agar data yang diperoleh semakin valid. Hasil penelitian pada kegiatan prasiklus menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebanyak 8 siswa (57,89%). Kemudian pada siklus I tepatnya setelah diberikan tindakan diperoleh sebanyak 15 atau 73,68% siswa mencapai ketuntasan minimal dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47% atau 17 siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat terlihat bahwa mulai dari prasiklus ke siklus I dan ke siklus II terjadi peningkatan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; PKn; Media bagan pohon | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Widharani Rhima | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 03:05 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 03:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16305 |
Actions (login required)
View Item |