Manajemen kurikulum homeschooling dan dampaknya pada kompetensi siswa berdasarkan jenjang pendidikan di homeschooling Pena Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Mauidlotul (2017) Manajemen kurikulum homeschooling dan dampaknya pada kompetensi siswa berdasarkan jenjang pendidikan di homeschooling Pena Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen kurikulum homeschooling dan dampaknya pada kompetensi siswa berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan 9 orang informan, yaitu kepala homeschooling, kepala bagian akademik, 6 siswa dan 1 tutor. Manajemen kurikulum homeschooling yang dilakaukan di homeschooling Pena meliputi beberapa kegiatan yaitu: perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Perencanaan kurikulum dimulai dari mempersiapkan pedoman pemerintah mengenai kurikulum pendidikan non formal,hasil evaluasi dari kurikulum sebelumnya, mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan untuk tahun ajaran baru. Kemudian pihak yang berwenang akan merumuskan mengenai tujuan, isi, dan metode kurikulum. Implementasi kurikulum homeschooling dilakukan berdasarkan pada kemampuan, potensi, bakat, dan minat siswa. Evaluasi yang yang dilakukan di homeschooling adalah evaluasi yang dilakukan secara keseluruhan tidak hanya mengenai kurikulum tetapi juga mengenai proses pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Sedangkan berdasarkan laporan hasil belajar siswa mengindikasikan bahwa kompetensi siswa yang ada di homeschooling berdasarkan jenjang pendidikan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sudah termasuk ketegori baik dan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Mauidlotulmauidlotul21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Keywords: manajemen; kurikulum; homeschooling; kompetensi siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khasanah Mauidlotul
Date Deposited: 02 May 2017 03:59
Last Modified: 02 May 2017 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item View Item