TEACHING OF WRITING BY USING REFLECTION EXPERIENCE AS TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMP BAITUSSALAM KETINTANG MADYA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholish, Diana Abidah (2014) TEACHING OF WRITING BY USING REFLECTION EXPERIENCE AS TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMP BAITUSSALAM KETINTANG MADYA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris adalah sebagai pelajaran wajib dan ditetapkan sebagai salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) untuk SMP. Kemampuan menulis bahasa Inggris dianggap sebagai keterampilan yang paling
sulit dan rumit di antara empat keterampilan berbahasa. Hasil menulis bahasa Inggris siswa di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya masih jauh dari kriteria minimum untuk kelengkapan (KKM). Wawancara dengan guru bahasa
Inggris dan hasil studi pendahuluan diwahyukan bahwa siswa menghadapi beberapa masalah dalam menulis tetapi dianggap menghasilkan ide-ide sebagai yang paling bermasalah. Dengan demikian, penggunaan teknik pengalaman refleksi dilaksanakan dalam teks tertulis bahasa Inggris mengajar tahu apakah teknik ini lebih efektif daripada teknik tradisional.
Di bawah desain kuasi-eksperimental, siswa kelas VIII A dan VIII B sekolah yang terpilih sebagai sampel penelitian ini dengan VIII A sebagai kelompok kontrol dan VIII B sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pra-pengobatan dan posttest.
Penelitian ini dilakukan dalam langkah-langkah berikut: (1) tes pra-treatment untuk kedua kelompok untuk mengetahui apakah kelompok memiliki kemampuan yang sama dalam menulis, (2) perlakuan terhadap kelompok eksperimen dalam bentuk tulisan mengajar menggunakan pengalaman refleksi, dan (3 ) post test untuk kedua kelompok.
Hasil studinya menunjukkan bahwa teknik pengalaman refleksi efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa. Perbandingan skor post test dari kedua kelompok menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata 71,9 sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata 51,1. Perhitungan statistik dari hasil t-test di-nilai t sebesar 14,9, lebih tinggi dari t-tabel 2,045 yang menunjukkan pentingnya efektivitas pengalaman refleksi sebagai teknik untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis bahasa Inggris narasi teks. Mengingat efektivitas ini, dianjurkan bahwa teknik pengalaman menggunakan guru bahasa Inggris refleksi sebagai cara untuk menilai proses belajar mengajar. Dan bagi para peneliti di masa depan, mereka diharapkan untuk melakukan penelitian tentang keterampilan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Arief Furqon
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholish, Diana AbidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Reflection Experience Technique; Writing; Traditional Technique.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2015 10:27
Last Modified: 08 Apr 2015 10:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item