Peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS melalui strategi Concept Sentence siswa kelas III MI Bahrul Ulum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumairoh, Fitri Chusnul (2017) Peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS melalui strategi Concept Sentence siswa kelas III MI Bahrul Ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Bahrul Ulum Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dari hasil tes pra siklus dari 26 siswa kelas III-B yang hanya 10 siswa saja yang tuntas dalam tes. Hal ini disebabkan oleh penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik dan penggunaan strategi teacher centered. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi Concept Sentence. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penggunaan Strategi Pembelajaran Concept Sentence pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas III MI Bahrul Ulum Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas III MI Bahrul Ulum Sidoarjo dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Concept Sentence. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 26 siswa kelas III-B MI Bahrul Ulum Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dokumentasi berasal dari nilai UTS siswa kelas III. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penggunaan Strategi Pembelajaran Concept Sentence pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas III MI Bahrul Ulum Sidoarjo dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa pada siklus I, skor aktifitas siswa adalah 63 dengan prosentase 75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan prosentase 90,9%. Sedangkan pada siklus I skor aktifitas guru adalah 62 dengan prosentase 73,80%. Sedangkan pada siklus II skor meningkat menjadi 79 dengan prosentase 89,77%. 2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas III MI Bahrul Ulum Sidoarjo dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Concept Sentence meningkat. Hal ini dapat dibuktikan ketika siklus I rata-rata nilai siswa adalah 73,57 dengan prosentase 65,38%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,00 dengan prosentase 88,46%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumairoh, Fitri Chusnulfitri.chumairoh@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chumairoh Fitri Chusnul
Date Deposited: 02 May 2017 07:57
Last Modified: 02 May 2017 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item