This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Ainun (2017) Studi komparasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara anak yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah yang sangat penting untuk memajukan bangsa. Namun tidak imbang jika pendidikan di indonesia tidak di sertai dengan pendidikan agama di dalamnya. Saat ini banyak sekali lembaga pendidikan yang berbasic agama seperti pondok pesantren. Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu agama islam yang sangat mendalam. Hal itu dapat mendukung hasil belajar peserta didik terutama pelajaran aqidah akhlak karena dengan akhlak kita bisa mencerminkan perilaku kita baik atau buruk. Peserta didik langsung di asuh oleh pengasuh pondok dan mukim dipesantren. Dan banyak juga peserta didik yang belajar dan non mukim di pesantren. Oleh karena itu penulis meneliti tentang perbandingan hasil belajr aqidah akhlak antara anak yang mukim dan non mukim di pesantren Darul Ulum. Tujuan utama penelitain ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. 3). Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara peserta didik yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil meliputi literatur buku. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini Pertama Hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang mukim di pesantren Darul Ulum termasuk kategori baik dengan pencapaian nilai rata-rata tertinggi 91,5 dan nilai rata-rata terrendah 77,5. Kedua Hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang non mukim di pesantren Darul Ulum termasuk kategori kurang baik/cukup dengan pencapain nilai rata-rata tertinggi 88,6 dan nilai rata-rata terrendah 72,9. Ketiga Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara peserta didik yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum menunjukkan bahwa siswa yang mukim lebih berprestasi daripada siswa non mukim. Berdasarkan pencapaian nilai rata-rata tertinggi dengan selisih 1 ,99.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Hasil belajar; Aqidah Akhlak; siswa mukim | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rohmah Ainun | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 04:16 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2017 08:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16450 |
Actions (login required)
View Item |