Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui metode concept mapping siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Syafa'atur (2017) Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui metode concept mapping siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo tentang materi gaya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pemahamn siswa masih kurang karena siswanya kurang aktif ketika guru menggunakan metode tersebut. Oleh karena itu diperlukan metode yang lebih berinovasi lagi selain menggunakan metode ceramah yaitu dengan menggunkana metode concept mapping untuk meningktakan pemahaman siswa tentang materi gaya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode Concept Mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan pemahaman materi gaya siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi gaya melalui metode Concept Mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo? Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan,(2)Pelaksanaan,(3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode Concept Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi gaya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo berjalan dengan baik. (2) Ada peningkatan pemahaman siswa pada materi gaya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode Concept Mapping siswa kelas IV di SDI Darul Hikmah Krian Sidoarjo. Dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I memperoleh 79,3 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 66,6%, kemudian nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus II yaitu memperoleh 91,3 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh 81,8%. Hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I memperoleh skor 80 sedangkan aktivitas siswa memperoleh skor 65. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dapat dilihat dari nilai akhir yang di peroleh. Untuk nilai akhir aktivitas guru diperoleh 91,6 sedangkan nilai akhir aktivitas siswa diperoleh 80

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Syafa'atursyafaaturrohmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmah Syafa'atur
Date Deposited: 02 May 2017 03:56
Last Modified: 02 May 2017 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item