This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuhriyah, Aminatuz (2017) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al Unwan dengan menggunakan strategi Qurat al Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Setiap kelas pasti memiliki permasalahan yang berbeda. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan permasalahan di kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo yakni dalam keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān. Siswa terlihat kurang terampil dalam berbicara, dikarenakan guru yang cenderung menggunakan metode ceramah sehingga membuat suasana pembelajaran monoton. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukannya inovasi, salah satunya yakni dengan menggunakan strategi Qurat al-Kalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān setelah menggunakan strategi Qurat al-Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwan setelah menggunakan strategi Qurat al-Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Model penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahap diantaranya yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan, wawancara, dokumentasi dan non tes (unjuk kerja). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān, pada siklus II lebih maksimal dan hasilnya telah melampaui indikator kinerja yang diinginkan dibandingkan siklus I, terbukti dari hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh prosentase 75 dan siklus II memperoleh 90. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh prosentase 68,1 dan pada siklus II memperoleh 90,9. (2) Bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān dengan menggunakan strategi Qurat al-Kalam, jika dilihat dari ketuntasan siswa dari siklus I mendapatkan kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik, terbukti dari rata-rata siswa siklus I yakni 71,6 dengan prosentase yakni 60,5% dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 81 dengan prosentase ketuntasan yakni 87%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||
Keywords: | Keterampilan berbicara; Bahasa Arab; strategi Qurat al Kalam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zuhriyah Aminatuz | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2017 08:40 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2017 02:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16508 |
Actions (login required)
View Item |