This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawati, Frida Aprilia (2017) Peningkatan pemahaman materi alat pencernaan manusia mata pelajaran IPA melalui model Word Square siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa kelas V pada materi alat pencernaan manusia pada mata pelajaran IPA dikarenakan guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga siswa kurang aktif dan sulit dalam memahami materi sehingga mengakibatkan pemahaman siswa rendah. Maka perlu diterapkan model word square agar siswa dapat memahami pembelajaran secara utuh. Adapun rumusan maslaah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan model word square pada materi alat pencernaan mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo?, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman pada materi alat pencernaan mata pelajaran IPA melalui model word square siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo?. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui penerapan model word square pada materi alat pencernaan mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi alat pencernaan mata pelajaran IPA melalui model word square siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin yang satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran word square selama proses pembelajaran IPA telah berlangsung dengan baik melalui perbaikan pada setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa diperoleh sebesar 73,8 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 88,09 (baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru diperoleh 73,68 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 86,25 (baik) pada siklus II. (2) Peningkatan pemahaman pada materi Alat pencernaan Manusia mata pelajaran IPA kelas V MI Bahrul Ulum Sidoarjo melalui model pembelajaran word square. Hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada Siklus I nilai rata-rata yang didapatkan siswa 78,58 (baik) dengan prosentase 63,89% (tinggi), sedangkan rata-rata siklus II diperoleh 88,17 (sangat baik) dengan prosentase 83,33% (sangat tinggi). Sehingga terjadi peningkatan prosentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,44%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; alat pencernaan manusia; model Word Square | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Rahmawati Frida Aprilia | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2017 04:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16538 |
Actions (login required)
View Item |