Pengaruh pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik di Sekolah Menengah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'am, Khoiriyatun (2017) Pengaruh pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik di Sekolah Menengah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil Penelitian lapangan tentang Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menegah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertayaan tentang Rumusan Masalah : 1) Bagaimana Penerapan Pendidikan karakter di Sekolah Menegah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabay? 2) Bagaimana Akhlak Peserta didik di Sekolah Menegah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya? 3) Bagaimana Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menegah Pertama SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya? Tentunya Untuk memperkuat penelitian ini tercakup pula kajian teori tentang kedua Variabel di atas. Dalam Penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif, yakni metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Penerapan Pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik, peneliti menggunakan rumus regresi sederhana yang menghasilkan t hitung sebesar 2,948, didasarkan pada derajat kebebasan (dk) atau degree of freedom (df) yang besarnya adalah n-2^1, yaitu 45-2 =43. Jika taraf signifikan (a) ditetapkan 0,05 (5%), sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan uji dua pihak/arah (sig. 2-tailed), maka harga t tabel diperoleh= 2,021. Maka t hitung > t tabel (2,948 > 2,021), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya pendidikan karakter memiliki pengaruh yang signifikan dengan akhlak peserta didik. Untuk mengetahui beberapa persen pengaruh tersebut, maka perlu dicari r determinannya, dengan rumus r2 x 100%. Sehingga dapat ditemukan Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak peserta didik di SMP SAIM Surabaya sebesar 38,1%. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Akhlak Peserta Didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'am, KhoiriyatunAtun.niam@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter; Akhlak Peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ni'am Khoiriyatun
Date Deposited: 02 May 2017 05:30
Last Modified: 02 May 2017 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item