This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulva, Masrurotul (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ALAM DI SMP ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana konsep pembelajaran dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya?. Kedua, Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: dokumen-dokumen atau transkip yang telah ada, Indepth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan Descriptive kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan alam.
Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data bahwa Konsep Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya berawal dari pertama, konsep dasar sekolah SMP Alam Insan Mulia yaitu Back to Nature yakni pemahaman bahwa segala cipaan Allah SWT adalah amanah yang harus dijaga dan dilestarikan. Kedua, tiga konsep alam siswa sebagai pendekatan psikologi anak, yaitu : Alam anak, dimana anak didik akan diarahkan untuk mengenal pribadinya secara individu. Kemudian, alam social, yaitu memperkenalkan anak didik terhadap realitas social di sekelilingnya. Dan selanjutnya adalah alam lingkungan hidup, yaitu memperkenalkan anak didik terhadap realitas alam lingkungan mencakup seluruh alam semesta. Sedangkan Implikasi Pendidikan Agama Islam di SMP Alam Insan Mulia menerapkan system Integrated Learning, Contextual Teaching, dan Cooperative Learning.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syamsudin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Alam; Khalifah; Integrated Learning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:18 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2015 04:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1660 |
Actions (login required)
View Item |