Peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab materi fi maktabat al-madrasah melalui strategi al-ta'bir al-kitaby al-muwajjah siswa kelas V MI Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Ria Afni (2017) Peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab materi fi maktabat al-madrasah melalui strategi al-ta'bir al-kitaby al-muwajjah siswa kelas V MI Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis bahasa Arab kelas VB MI Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang relatif rendah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dilakukan penelitian jauh dibawah nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan Strategi Al-Ta’bir al-Kitaby al-Muwajjah dalam keterampilan menulis bahasa Arab materi Fi Maktabat Al-Madrasah pada siswa kelas V MI Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab materi Fi Maktabat Al-Madrasah dengan menggunakan Strategi Al-Ta’bir al-Kitaby al-Muwajjah kelas VB MI Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dukumentasi, dan penialian produk. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan di kelas VB MI Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang dengan jumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada penerapan Strategi Al-Ta’bir al-Kitaby al-Muwajjah. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi guru 62 (kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 89 (baik) pada siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 72 (cukup) dan meningkat menjadi 88 (baik) pada siklus II. Keterampilan menulis kalimat bahasa Arab dengan menggunakan Strategi Al-Ta’bir al-Kitaby al-Muwajjah juga mengalami peningkatan. Diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 72 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 81 pada siklus II. Dan persentase ketuntasan belajar 60% (cukup) pada siklus I, dan meningkat menjadi 86% (sangat baik) pada siklus II

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Ria Afniriaafnisaadah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Keterampilan menulis; Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sa'adah Ria Afni
Date Deposited: 03 May 2017 01:50
Last Modified: 03 May 2017 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item