This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Nonika Septiya (2017) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V MINU Sumokali Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (554kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas V MINU Sumokali Sidoarjo pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil pra siklus 57.7 dengan persentase ketuntasan belajar 45%. Penyebabnya adalah minat membaca siswa terhadap materi IPS kurang, sehingga saat guru mengajukan pertanyaan hanya beberapa siswa yang merespon. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi Giving Question and Getting Answers. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi Giving Question and Getting Answers pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V MINU Sumokali Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas V MINU Sumokali Sidoarjo pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 20 siswa kelas V MINU Sumokali Sidoarjo tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara bersama guru IPS, tes tulis uraian singkat, serta dokumentasi berupa foto saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan strategi Giving Question and Getting Answers pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan skor 76 dan siklus II dengan skor 89. Selain itu peningkatan juga ditunjukkan pada aktivitas mengajar guru di siklus I dengan skor 78 dan siklus II dengan skor 94. 2) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers ternyata mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas V MINU Sumokali pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Terbukti nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 73 dan siklus II 83.8. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 70% dan pada siklus II 90%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Pemahaman; strategi pembelajaran; Giving Question and Getting Answers | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Putri Nonika Septiya | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 08:03 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 08:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16669 |
Actions (login required)
View Item |