This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayati, Arina (2017) Peningkatan kemampuan menghafal aktivitas ekonomi dan sumber daya alam melalui strategi Take and Give mata pelajaran IPS pada kelas IVa MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (961kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan menghafal siswaterhadap mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IVA MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa, peneliti menggunakan strategi Take and Give. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi take and give pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IVA MI Roudlotul Banat Sepanjang. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal siswa materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IVA MI Roudlotul Banat Sepanjang dengan menggunakan strategi take and give. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 siswa kelas IVA MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian tes lisan dan tes tulis serta dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi take and give pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam untuk meningkatkan kemampuan menghafal berjalan dengan baik saat dilakukan 2 siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 80% dan meningkat pada siklus II 88,3%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 76,12% dan meningkat pada siklus II 84,09%. 2) Ada peningkatan kemampuan menghafal siswa melalui strategi take and give pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 73,95 dan meningkat pada siklus II 82,29 . untuk prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 62,5% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Kata Kunci: Kemampuan menghafal, strategi take and give, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Kemampuan menghafal; strategi take and give; pelajaran IPS | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | HIDAYATI ARINA | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 01:37 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2017 08:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16677 |
Actions (login required)
View Item |