This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Tyas Dwi (2017) Penggunaan media Flip Chart (lembar papan balik) untuk meningkatkan pemahaman IPS materi Koperasi bagi siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (797kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (892kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi koperasi termasuk dalam kategori rendah yaitu 47,05%, dibuktikan dengan dilaksanakannya pre-test pada pra siklus dari 34 siswa hanya 16 siswa yang masuk kategori tingkat pemahaman tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi disebabkan karena metode penyampaian materi yang digunakan adalah ceramah .Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media flip chart. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media Flip Chart untuk meningkatkan pemahaman IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman IPS materi Koperasi dengan menggunakan media Flip Chart pada siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo?. Untuk tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan media Flip Chart untuk meningkatkan pemahaman IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman IPS materi Koperasi dengan menggunakan media Flip Chart pada siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penggunaan media Flip Chart untuk meningkatkan pemahaman IPS materi Koperasi bagi siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I adalah 67,5 meningkat menjadi 88,33 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil nilai akhir aktivitas siswa siklus I adalah 65,62 meningkat menjadi 89,58 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman IPS materi Koperasi siswa kelas IV SDN Gempolsari Tanggulangin Sidoarjo menggunakan media Flip Chart mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus diperoleh hasil 47,05% dan rata-rata nilai sebesar 65,14. Pada siklus II diperoleh hasil 70,58% dan rata-rata nilai sebesar 76,76. Dan pada siklus II diperoleh hasil 91,17% dan rata-rata nilai sebesar 88,08
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Improved understanding; media; flip chart | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Lestari Tiyas Dwi | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 07:39 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 08:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16740 |
Actions (login required)
View Item |