This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Af'ida, Halimah (2014) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNIT TERINTEGRASI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI DI SMP AL-HIKMAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dibutuhkan untuk meningkatkan harkat, martabat, dan taraf hidup manusia dengan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh, baik dari aspek kekuatan spiritual keagamaan dan ahklak mulia (SQ), pengendalian diri dan kepribadian (EQ) serta kecerdasan intelektual (IQ). Tercapainya tujuan pendidikan tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak, SMP AL-Hikmah Surabaya merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan yayasan lembaga pendidikan Al-Hikmah, yang mempunyai tujuan dan target “Mencerdaskan kehidupan umat, menumbuhkan nilai-nilai Islami dalam setiap aktivitas sehingga menjadi umat yang berguna bagi bangsa dan agama”. Al-Hikmah menggunakan kurikulum terintegrasi dan mengimplementasikannya pada segala aspek, termasuk pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembelajaran matematika unit terintegrasi sebagai implementasi kurikulum terintegrasi di SMP Al-Hikmah Surabaya serta hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dan peserta didik.
Kurikulum terintegrasi adalah kurikulum yang meniadakan batas-batas antara mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unit atau keseluruan. Sebagai implementasi kurikulum terintegrasi, maka dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran terdapat penggabungan konsep atau aspek dari beberapa mata pelajaran. Untuk mengetahui bagaimana pengintegrasian tersebut maka peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengambilan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan simpulan data. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk menunjang keabsahan data yang diperoleh.
Berdasarkan analisis data dengan trianggulasi metode, disimpulkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika unit terintegrasi terpenuhi dengan sangat baik, sedangkan untuk penilaian pembelajaran terpenuhi baik. Terdapat hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika unit terintegrasi diantaranya waktu dan sumber bahan ajar. Akan tetapi sebaiknya pihak sekolah dan guru dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika unit terintegrasi karena terbukti membawa manfaat bagi peserta didik dan umat islam pada umumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Kurikulum Terintegrasi; Implementasi; Pembelajaran Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Apr 2015 04:30 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 04:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
View Item |