This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jito, Much (2017) Peningkatan motivasi belajar SKI materi Peristiwa Akhir Hayat Rasulullah melalui strategi team quiz pada siswa Kelas V MI Nurul Khoiriyah Glodog Palang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran SKI pada materi peristiwa akhir hayat Rasulullah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yaitu, pada awal pembelajaran berlangsung banyak siswa yang belum siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru mata pelajaran SKI kurang menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikan materi, sehingga banyak siswa yang merasa bosan, jenuh dan mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi team quiz dalam meningkatkan motivasi belajar SKI pada materi Peristiwa Akhir Hayat Rasulullah di kelas V MI Nurul Khoiriyah Glodog Palang Tuban? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar SKI pada materi Peristiwa Akhir Hayat Rasulullah setelah menggunakan strategi team quiz di kelas V MI Nurul Khoiriyah Glodog Palang Tuban? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi team quiz dalam meningkatkan motivasi belajar SKI pada materi Peristiwa Akhir Hayat Rasulullah di kelas V MI Nurul Khoiriyah Glodog Palang Tuban. (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar SKI pada materi Peristiwa Akhir Hayat Rasulullah setelah menggunakan strategi team quiz di kelas V MI Nurul Khoiriyah Glodog Palang Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdapat empat langkah pokok, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas V dalam pembelajaran SKI mengalami peningkatan. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus yaitu 61,86 (kategori rendah) dan kemudian meningkat menjadi 74,34 (kategori cukup) pada siklus I, dan pada siklus II mencapai 84,04 (kategori tinggi). Prosentase ketuntasan motivasi belajar siswa yang berkategori tinggi pada pra siklus yaitu 4,34%, dan kemudian pada siklus I meningkat menjadi 43,47% dan pada siklus II mencapai 82,6%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sejarah > Sejarah Islam |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran SKI; Strategi Team Quiz | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Jito Much. | ||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2017 08:07 | ||||||
Last Modified: | 09 Jun 2017 08:07 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17200 |
Actions (login required)
View Item |