This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cahyono, Muhammad Nur (2017) Implementasi metode menghafal al Qur'an dalam mewujudkan kualitas hafalan al Qur'an: studi komparasi di Pondok Pesantren Tahfiz al Qur’an Shohihuddin Surabaya dan Pondok Pesantren Modern al Azhar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (842kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
Metode menghafal Al Qur’an adalah cara yang tepat dan cepat untuk memasukkan informasi berupa ayat-ayat Al Qur’an, dapat menyimpannya dan juga dapat menyampaikan kembali diluar kepala. kualitas hafalan Al Qur’an adalah nilai yang menentukan baik atau buruknya ingatan hafalan Al Qur’an pada seseorang secara keseluruhan, menghafal dengan sempurna (yaitu hafal seluruh Al Qur’an dengan mencocokkan dan menyempurnakan hafalannya), membaca dengan lancar dan tidak terjadi suatu kesalahan terhadap kaidah bacaan yang sesuai dengan aturan tajwid yang benar serta senantiasa menekuni, merutinkan, mencurahkan segenap tenaganya dan sungguh-sungguh dalam menjaga hafalan agar tidak lupa. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin Surabaya dan Pondok Pesantren Modern Al Azhar Gresik. Penelitian ini focus pada metode yang digunakan oleh kedua pondok tersebut. Karena kedua pesantren tersebut memakai metode yang sama namun berbeda dalam aplikasinya. Penelitian ini merupakan studi komparasi untuk membandingkan, mengetahui kelebihan dan kekurangan metode menghafal Al Qur’an yang diterapkan di kedua pesantren untuk mewujudkan kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, nerifikasi, dan analisis data.
Hasil penelitian implementasi metode menghafal Al Qur’an di pondok pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin mencakup persiapan sebelum menghafal, metode yang digunakan menghafal, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri pondok pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin adalah dilihat dari data wawancara, menge-tes santri dan alumni menunjukkan bahwa bisa dikatakan menghasilkan kualitas yang baik dan sempurna walaupun tidak sangat sempurna. Hasil penelitian kelebihan dan kekurangan adalah memadukan 2 metode yang saling melengkapi secara bersamaan, santri tidak tertekan karena tidak ada tarjet, tidak ada tarjet waktu kapan harus selesai hafalan 30 juz, waktu yang ditempuh untuk selesai 30 juz relative lama. Hasil penelitian implementasi metode menghafal Al Qur’an di pondok pesantren Modern Al Azhar mencakup 4 aspek yaitu persiapan sebelum menghafal, metode yang digunakan menghafal, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri di pondok pesantren Modern Al Azhar adalah dilihat dari data wawancara, menge-tes santri dan alumni menunjukkan bahwa bisa dikatakan menghasilkan kualitas yang kurang baik, dan akan bisa menjadi baik kalau hafalannya di muroja’ah secara istiqomah dan sabar. Hasil penelitian kelebihan dan kekurangan adalah ada tarjet waktu kapan harus selesai hafalan 30 juz yaitu 40 hari, santri bingung dengan hafalannya ketika selesai menghafal 30 juz.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Implementasi; metode menghafal; kualitas hafalan | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Muhammad Nur Cahyono | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:42 | ||||||
Last Modified: | 17 Nov 2017 10:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17329 |
Actions (login required)
View Item |