This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salamah, Siti Nurus (2012) Efektifitas layanan bimbingan kelompok (group guidance) dalam meningkatkan self awareness siswa kelas X di SMK PGRI I Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Self awareness penting bagi setiap individu dalam berperilaku, individu akan mampu menyesuaikan diri dengan situasi yang dialaminya. Siswa yang memiliki self awareness tinggi mengetahui dirinya secara lebih baik, memahami emosi-emosinya mampu mengetahui moodnya pada suatu moment tertentu sehingga dapat berperilaku efektif dalam berbagai situasi. Namun kenyataan yang terjadi di SMK PGRI 1 Surabaya ada sebagian siswa kelas X yang memiliki self awareness yang rendah, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan self awareness tersebut salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok. Ada pun pennasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self awareness siswa kelas X di SMK PGRI I Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self awareness siswa. Hipotesis yang diajukan yakni "bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self awareness siswa". Subyek penelitian ini sebanyak 6 siswa yang mempunyai tingkat self awareness rendah dengan menggunakan purposive sampling. Adapun variabel yang diteliti yakni self awareness yang diukur dengan skala psikologi self awareness. Teknik analisis data menggunakan metodenon-parameik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pengujian diperoleh sign 0,027 < 0,05, hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat self awareness sebelum dan sesudah diberi perlakuan bimbingan kelompok dan uji mean 0,00 < 3,50, dimana terjadi peningkatan tingkat self awareness siswa sesudah perlakuan bimbingan kelompok. Oleh karenanya hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self awareness siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar | ||||||
Keywords: | Bimbingan kelompok; group guidance | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2017 03:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 11:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17410 |
Actions (login required)
View Item |