This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sofyan, Denny (2012) Komunikasi interpersonal customer relation dalam menangani keluhan pelanggan: layanan aqiqah Al Hasyimi Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini, terdapat satu fokus pennasalahan yang hendak dikaji, yaitu bagaimana komunikasi interpersonal customer relation dalam menangani keluhan pelanggan pada layanan aqiqah Al-Hasyimi Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut, disini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sebuah pendekatan interaksi simbolik.kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan tehnik analisis domain. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan atas tiga identifikasi yang mana (1) media komunikasi interpersonal Customer Relation dalam menangani keluhan lebih adalah telephon dan tatap muka secara langsung. (2) simbol-simbol umum serta yang menjadi ciri khas dari Customer Relation Al-Hasyimi mendukung interpretasi sebuah pesan yang disampaikan kepada pelanggan. (3) segi personality dari Customer Relation turut membantu clan berperan penting dalam proses interaksi merubah sikap dan perilaku pelanggan yang mengeluh. Dari tiga identifikasi tersebut " penanganan keluhan pelanggan dilakukan dalam dua cara yaitu melalui media telepon dan tatap muka, diawali dengan sapaan, senyum sebagai simbol keramahan, kemudian pemberian attention (proses Atribusi) dengan cara diam, mendengarkan dengan baik setiap keluhan pelanggan seolah customer relation mengalami hal yang sama, berikutnya diikuti permintaan maaf serta ucapan terimakasih atas penyampaian keluhanya (interest) dan baru melakukan konfinnasi atas masalah yang terjadi herbekal pengalaman yang pemah ditemui dan dirasakanya. Disaat pelanggan lebih mengedepankan egositasnya customer relation tetaplah prosional (senyum, Sabar, ramah) Dan diakhiri pemberian sebuah jaminan".
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Customer Relation; Menangani Keluhan | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2017 08:04 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2017 08:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17421 |
Actions (login required)
View Item |