Tradisi Mantenan Khotmil al Quran di Lembaga Pendidikan Islam al Hayyan Desa Karduduk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep: suatu tinjauan sosiologis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahemi, Sahemi (2012) Tradisi Mantenan Khotmil al Quran di Lembaga Pendidikan Islam al Hayyan Desa Karduduk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep: suatu tinjauan sosiologis. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sahemi_B05208035 ok.pdf

Download (18MB)

Abstract

Adapun persoalan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motf masyarakat menjalankan tradisi mantenan Khotmil al-Qurán di LPI al Hayyan dan dampak adanya tradisi yang dilakukan oleh para santri dan wali murid. Rumusan masalah dan tujuan penelitiannya menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data dari nara sumber atau informen secara mendalam dan falid, dengan analisis teori struktural fungsional Robert Merton. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1. Tradisi mantenan khotmil al-qurán di LPI al Hayyan diungkus dengan perayaan yang serba mewah dikarenakan lingkungan (tempat tinggal) dan pengaruh norma-norma atau nilai-nilai (etika) di dalam masyarakat itu sendiri dan mindset dari para wali murid itu sendiri. 2. Dampak adanya tradisi mantenan khotmil al-Qurán itu sendiri bagi masyarakat terbagi 2 (dua) yakni dampak positif dan dampak negatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahemi, SahemiUNSPECIFIEDB05208035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRr. Suhartini, Rr. SuhartiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pesantren
Adat
Santri
Keywords: Tradisi Mantenan; khotmil Quran; lembaga pendidikan Islam; al Hayyan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:16
Last Modified: 05 Jan 2024 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item