This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wi'adah, Elwi (2012) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior dalam mengatasi anak yang malas belajar di Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (113kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (201kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian adalah (1) Faktor- faktor apa sajakah yang menyebabkan seorang anak menjadi malas belajar? (2) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan• konseling islam dengan terapi behavior dalam mengatasi anak yang malas belajar, (3) Bagaimana hasil pelaksanaan bimbingan konseling islam dengan terapi behavior dalam mengatasi anak yang malas belajar di Wonokromo Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan seorang anak malas belajar di Wonokromo Surabaya prosesnya menggunakan analisa deskriptif. Sedangkan proses dan hasil akhir dari pelaksanaan bimbingan konseling islam dengan terapi behavior dalam mengatasi anak yang malas belajar menggunakan deskriptif komparatif, yang mana penulis membandingkan data teori dan data yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab adalah ditinggal tutor lesnya, pelajaran yang susah, tidak ada yang membimbing, waktu bermain yang tidak ada. Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan terapi behavior, yang mana peneliti menggunakan 2 teknik yakni teknik penumbuhan motivasi, teknik terapi behavior yang meliputi: teknik penokohan ( modelling), dan teknik role play (bermain peran). Kesemua teknik tersebut dilaksakan secara berurutan 5-8 kali pertemuan dalam prosesnya. dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat menghilangkan perilakunya yang kurang baik kearah yang lebih baik, sedangkan hasil akhir dari proses konseling terhadap klien dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 70% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku klien yang mulai dapat berinteraksi dengan ibu klien secara baik dan dapat belajar dengan fokus lagi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Bimbingan Belajar |
||||||
Keywords: | Terapi behavior; malas belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2017 02:53 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 14:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17528 |
Actions (login required)
View Item |