This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azziyad, Athollah (2012) Bimbingan konseling Islam dengan play therapy untuk meningkatkan kemampuan mengenal Agama lslam pada seorang siswa tunagrahita di SLB Dharma Wanita Pangkahwetan Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (250kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (218kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) |
Abstract
Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Proses Bimbingan Konseling Islam Dengan Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Agama Islam Pada Seorang Siswa Tunagrahita Di SLB Dharma Wanita Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. 2) Bagaimana Basil Akhir dari Bimbingan Konseling Islam Dengan Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Agama Islam Pada Seorang Siswa Tunagrahita Di SLB Dharma Wanita Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah : I) Untuk mengetahui proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam Dengan Play Therapy Untuk Meningkatk.an Kemampuan Mengenal Agama Islam Pada Seorang Siswa Tunagrahita Di SLB Dharma Wanita Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. 2) Untuk mengetahui akhir dari pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam Dengan Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Agama Islam Pada Seorang Siswa Tunagrahita Di SLB Dhanna Wanita Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Metode peneUtian yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu menginterpretasikan data-data yang diperoleh dalam bentuk kalimat untuk mengkomulasikan data-data mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sedangkan proses dari pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam adalah dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam proses konseling. Langkah konselor yang pertama adalah identifikasi masalah, disini konselor mengumpulkan data dari orang tua klien, wali kelas, teman-teman klien yang berfungsi untuk mengenal kasus beserta gejala-gejala yang nampak pada diri klien. Sedangkan langkah kedua mendiagnosa dengan menetapkan masalah yaitu meningkatkan kemampuan mengenal agama islam. Langkah berikutnya adalah prognosa dengan menetapkan jenis bantuan yaitu memberikan konseling dengan Play Therapy. Kemudian konselor memberikan treatment dengan teknik yang ada dalam play therapy dengan menggunakan permainan puzzle. Permainan puzzle tersebut dilakukan berulang-ulang, sampai 3-6 kali pertemuan dalam prosesnya. Terakhir follow up sekaligus mengevaluasi tindakan konseJi dengan melihat perubahan-perubahan yang ada pada klien. Sedangkan basil akhir dari proses konseling terhadap kl ien dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 70% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan basil belajamya yang memuaskan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Psikologi > Tuna Grahita Psikoterapi > Psikoterapi Islam |
||||||
Keywords: | bimbingan konseling Islam; Tunagrahita; play therapy. | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 07:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2017 01:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17565 |
Actions (login required)
View Item |