This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yulianti, Yulianti (2017) Pengembangan alat evaluasi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Taksonomi Bloom dua dimensi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 .pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Taksonomi Bloom Dua Dimensi merupakan suatu taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi proses kognitif meliputi level mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Sedangkan dimensi pengetahuan meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Alat evaluasi yang digunakan di sekolah tempat peneliti ini, belum sepenuhnya memperhatikan level-level pada Taksonomi Bloom Dua Dimensi, oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian ini. Pengembangan alat evaluasi Pendidikan Agama Islam berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu terdiri dari lima fase 1) Investigasi awal, 2) Desain, 3) Realisasi, 4) Tes, evaluasi, dan revisi, 5) Implementasi. Namun peneliti ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya pada tanggal 6 Januari 2017. Pada penelitian ini, telah dihasilkan enam item soal Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi antara lain: a) Mengingat Pengetahuan Faktual, b) Menerapkan Pengetahuan Faktual, c) Menerapkan Pengetahuan Faktual d) Mengingat Pengetahuan Konseptual, e) Mengingat Pengetahuan Konseptual, dah f) Menilai Pengetahuan Prosedural. Hasil dari analisis lembar validasi, diperoleh bahwa soal yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Hasil dari uji coba terbatas diperoleh skor siswa yang kemudian dianalisis dan diperoleh koefisien reliabilitas 1, 019524 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Oleh karena itu, alat evaluasi Pendidikan Agama Islam berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi pada materi hewan halal dan haram telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi | ||||||
Keywords: | Pengembangan alat evaluasi; Taksonomi Bloom dua dimensi; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Yulianti Yulianti | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2017 07:48 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2017 05:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17614 |
Actions (login required)
View Item |