This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Choiroh, Fatichatul (2012) Surat al Fatihah perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fatichatul Choiroh_D01208139 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Surat al-Fatihah sebagai umm al-Qur 'an (induk al-Qur' an), memuat seluruh kandungan al-Qur'an. Sedangkan dua pertiga dari keseluruhan al-Qur'an mengandung implikasi dan motivasi pendidikan. Dari latar belakang di atas, maka muncul beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana kandungan surat al-Fatihah perspektif pendidikan Islam? Jenis penelitian ini termasuk studi pustaka (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah surat al-Fatihah . Dan data sekundemya adalah buku-buku yang ada relevansinya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan dianalisis dengan metode deduktiĀ£ Instrumen yang digunakan adalah penulis mula-mula melakukan telaah atas ayat- ayat yang berkaitan dengan pendidikan Islam metode tafsir ijmali dan metode tahlily (analitis) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan surat al-Fatihah perspektif pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kandungan lafadz-lafadznya memuat tentang 1) keimanan, 2) ibadah, 3) agama atau syari'ah, dan 4) kisah. Jika dikerucutkan pokok utama ajarannya adalah keimanan dan ketakwaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ibadah Pendidikan Islam Al Qur'an |
||||||||
Keywords: | Surat al Fatihah; pendidikan Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2017 05:35 | ||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2023 08:07 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17625 |
Actions (login required)
View Item |