تصميم المواد التّعليميّة لتنمية مهارة الكلام: لطلاب المدرسة الثانوية في المعهد واحد هاشم بانجيل باسروان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajarudin, Ahmad Aris (2017) تصميم المواد التّعليميّة لتنمية مهارة الكلام: لطلاب المدرسة الثانوية في المعهد واحد هاشم بانجيل باسروان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam pemilihan judul tesis ini adalah penulis tertarik kepada MTs. KHA Wahid Hasyim yang mana ini adalah dalam naungan pondok pesantren, yang seharusnya siswa yang sekolah di MTs. KHA Wahid Hasyim faham dan bisa betul dengan mengucapkan kalimat arab khususnya pada pelajaran bahasa Arab, tetapi kebanyakan siswa kurang mampu mengucapkan Bahasa Arab dengan benar. Karena kurang adanya latihan dan pembiasaan dalam mengucapkan kata-kata Bahasa arab di lingkungan belajar mengajar. Buku-buku penunjang proses belajar mengajar masih bersifat umum. Secara khusus tentang keterampilan berbicara belum ada dalam proses belajar mengajar. Sedangkan fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana menyiapkan materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. 2). Seberapa efektifkah materi pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. Adapaun tujuan peneliti adalah 1) untuk mengetahui keberhasilan penggunaan materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. 2) untuk mengetahui efektifitas penggunaan materi pembelajaran dalam pembelajaran keterampilan berbicara oleh siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara dan mengetahui efektifitas materi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil ini. Desain Materi Pembelajaran ini memiliki kelebihan-kelebihan dalam pembelajaran bahasa arab, diantaranya membantu meningkatkan Guru/siswa untuk lebih focus dalam proses pembelajaran, kemauan siswa untuk belajar.Dalam pelaksanaanya, peneliti menggunakan penelitian pengembangan (development and research) dengan prosedur penelitian Borg and Gall. dengan pendekatan kualitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan desain Materi Pembelajaran, (2) Penerapan Desain Materi Pembelajaran, (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) wawancara 4) Tes (Pre tes dan Post-tes). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1.Perlunya desain materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara khusus. Karena dalam buku-buku materi pembelajaran hanya terdapat sekitar 26% yang digunakan dalam keterampilan berbicara. Sedangkan 74% lainnya digunakan oleh keterampilan berbahasa yang lain seperti menulis, membaca dan mendengar. 2.Hasil penelitian yang bisa diperoleh adalah Bahwa penggunaan desain materi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab mempunyai dampak bagi motivasi dan minat guru serta siswa, karena dengan menggunakan desain materi pembelajaran guru atau siswa lebih mudah memahami dan menggunakan kata (mufrodat) bahasa Arab sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari. Sedangkan dampak pemakaian audio visual bagi guru adalah beban guru menjadi lebih ringan dan terfokus dengan kebutuhan siwa karena desain materi pembelajaran sudah disediakan sesuai kebutuhan siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan desain materi pembelajaran mampu memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara siswa di MTs KHA Wahid Hasyim. hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata akhir pada proses belajar mengajar. selain itu penggunaan desain materi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menumbuhkan kecintaan siswa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara. hal ini diindikasikan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses belajar mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajarudin, Ahmad Arisahmadafjad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pendekatan kurikulum K-13; desain materi pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FAJARUDIN AHMAD ARIS
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:08
Last Modified: 20 Mar 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item