This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arohman, Hendra (2017) Bauran pemasaran sosial lembaga pengajian al-Ikhlas pada kaum waria muslim Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (208kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (507kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (138kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Waria merupakan kelompok masyarakat yang membutuhkan pembinaan dakwah secara khusus. Salah satu peran lembaga dakwah adalah hadir memberikan perhatian dakwah kepada waria yang menginginkan perbaikan diri. Fenomena adanya lembaga dakwah pengajian waria al-Ikhlas menunjukkan perhatian untuk berdakwah kepada masyarakat waria. Dakwah dalam kajian pemasaran, merupakan salah satu sistem pemasaran sosial. Maka penelitian fenomena pemasaran sosial dalam lembaga dakwah pengajian waria al-Ikhlas perlu dilakukan. Penelitian ini mengambil lembaga pengajian al-Ikhlas sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penetapan bauran pemasaran sosial yang meliputi product, price, place dan promotion lembaga pengajian waria al-Ikhlas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus eksplanatoris dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasilnya, penelitian ini menemukan empat hal. Pertama, pengurus pengajian menetapkan produk sosial berupa keyakinan pada agama dan kampanye untuk kembali kepada kodrat lelaki. Kedua, perumusan ide harga untuk produk sosialnya, menekankan pada harga yang terjangkau agar dapat diakses oleh target adopter. Ketiga, penetapan place menggunakan zero level channel berupa komunikasi langsung kepada target adopter, serta menerapkan konsep two step flow model berupa merekrut para leader kelompok waria tertentu. Keempat, strategi promotion menggunakan tiga pola, yakni menggunakan media massa untuk publikasi luas, menggunakan ikatan kelompok para waria dan terakhir dengan menggunakan ajakan personal secara langsung. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi masukan dan inspirasi bagi pengembangan konsep pemasaran sosial pada organisasi nonprofit.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Dakwah Pemasaran |
||||||
Keywords: | bauran pemasaran; waria; pemasaran sosial | ||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Hendra Henz Arohman | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 03:01 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18333 |
Actions (login required)
View Item |