This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyudiyanto, Dhanny (2017) Strategi bersaing Aswaja NU Center Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (627kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (229kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
Abstract
Persaingan tidak mungkin bisa dihindari oleh setiap organisasi dakwah. Aswaja NU Center Jawa Timur didirikan untuk membentuk masyarakat NU yang mampu membentengi diri dari paham-paham lain, serta dapat meyakinkan orang lain atas kebenaran paham Aswaja NU. Agar pengelolaan organisasinya efektif dan efisien di tengah medan persaingan, Aswaja NU Center Jawa Timur perlu memiliki rumusan strategi yang tepat sebagai pijakan program dan arah alokasi sumber daya yang dimiliki. Rumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi Aswaja NU Center Jawa Timur dalam persaingan dakwahnya, dan bagaimana strategi yang tepat bagi Aswaja NU Center Jawa Timur dalam menghadapi persaingan dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam, teknik kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan ada beberapa faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari Aswaja NU Center Jawa Timur. Tabel IFAS menunjukkan faktor internal terkuat adalah kefokusan gerakan dakwah di ranah pemikiran, produk dakwah yang bisa dipertanggung jawabkan, dan kepastian serta kecukupan sumber pendanaan. Sedangkan faktor internal terlemah adalah belum dibukanya akses sistem informasi manajemen. Selain itu terdapat beberapa peluang dan ancaman yang harus dihadapi Aswaja NU Center Jawa Timur dalam persaingan dakwah. Berdasarkan tabel EFAS, faktor peluang terbesar adalah sudah familiarnya masyarakat terhadap produk dakwah Aswaja. Sedangkan ancaman terbesarnya adalah sumber pendanaan dan kekuatan finansial pesaing. Dari analisa matrix TOWS, telah dirumuskan tujuh alternatif strategi menghadapi persaingan dakwah. Berdasarkan analisa matrix QSPM, strategi bekerjasama dengan organisasi-organisasi sayap NU untuk memperkuat dakwah Aswaja NU Center Jawa Timur menjadi prioritas yang tertinggi dalam menghadapi persaingan dari pada enam alternatif strategi yang lainnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Strategi | ||||||
Keywords: | Strategi dakwah; Persaingan Organisasi dakwah; Aswaja; Aswaja NU Centre | ||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Wahyudiyanto Dhanny | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 03:22 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 03:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18450 |
Actions (login required)
View Item |