This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syaifullah, Moch. (2017) Pengembangan pembelajaran matematika menggunakan metode kumon dalam model pembelajaran learning cycle 3E pada materi persamaan kuadrat. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dilatarbelakangi oleh kurangnya waktu belajar untuk kelas VIII B, yaitu 2x35 menit, kurangnya siswa memperoleh pengetahuan konstruktivisnya sehingga siswa mudah melupakan pelajaran yang telah diberikan. Metode Kumon dalam model pembelajaran Learning Cycle 3e berpedoman pada konstruktivis siswa dan prakteknya tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga pengembangan pembelajaran dengan metode Kumon dalam model pembelajaran Learning Cycle 3e perlu dilakukan. Pengembangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang dilakukan hanya sampai fase keempat. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII B MTs. Nurul Hikmah Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 4,1 dalam artian sangat valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran, keterlaksanaan sintaks pembelajaran 78%, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 2,8 yang berarti baik, dan respon positif siswa terhadap pembelajaran sebesar 93,89%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Metode Kumon; Learning Cycle 3e; Konstruktivis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Syaifullah moch. | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:29 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2017 08:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18482 |
Actions (login required)
View Item |