Hubungan antara Crowded Perception di jalan raya dengan kecenderungan Aggressive Driving pada pengendara motor remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiansyah, Robbian (2017) Hubungan antara Crowded Perception di jalan raya dengan kecenderungan Aggressive Driving pada pengendara motor remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara crowded perception di jalan raya dengan kecenderungan aggressive driving pada pengendara motor remaja. Crowded perception merupakan faktor yang mempengaruhi seseorang sehingga melakukan aggresssive driving. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan terikat yaitu crowded perception dan kecenderungan aggressive driving. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala crowded perception dan skala kecenderungan aggressive driving yang disusun oleh peneliti sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian sampel. Subjek penelitian berjumlah 80 orang remaja yang dalam kegiatan sehari-hari menggunakan sepeda motor dan memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi p = 0.000 < 0.05 dan r = 0.546 > 0.220 artinya Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara crowded perception di jalan raya dengan kecenderungan aggressive driving pada pengendara motor remaja. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dipahami bahwa korelasinya bersifat positif sehingga menunjukkan adanya hubungan yang searah, artinya semakin tinggi crowded perception di jalan raya maka semakin tinggi pula kecenderungan aggressive driving pada pengendara motor remaja. Hasil analisis juga menunjukkan laki-laki cenderung lebih agresif daripada perempuan saat mengemudi. Selain itu, tingkat agresivitas juga menunjukkan perbedaan berdasarkan usia. Pada usia 19 tahun, perilaku aggressive driving muncul lebih tinggi daripada usia lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiansyah, Robbianrobbifer4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: Crowded perception; aggressive driving; remaja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ferdiansyah Robbian
Date Deposited: 08 Aug 2017 06:35
Last Modified: 20 Oct 2017 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item