فعّالية تطبيق وسيلة التعليم “كوميك اللغة العربية: نوادر جحا للأطفال”لترقية مهارة القراءة لتلاميذ الصف العاشر في النشاط الإضافي للغة العربية بمدرسة منبع العلوم الثانوية الإسلامية جوروغا جوغوراطا جومباج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Nawa Lauzia (2017) فعّالية تطبيق وسيلة التعليم “كوميك اللغة العربية: نوادر جحا للأطفال”لترقية مهارة القراءة لتلاميذ الصف العاشر في النشاط الإضافي للغة العربية بمدرسة منبع العلوم الثانوية الإسلامية جوروغا جوغوراطا جومباج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nawa Lauzia Ulfah_D92213089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam mempelajari Bahasa arab diperlukan media pembelajaran yang mampu menjadikan kegiatan belajar semakin baik dan meningkatkan hasil belajar. Namun, dalam kenyataannya penggunaan media belajar masih sangat kurang khususnya dalam mempelajari maharah qiro’ah. Sebagian besar siswa merasakan kesulitan dalam maharah qiro’ah serta memahami teks. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang membosankan dan kurang variatif menjadikan siswa kurang bersemangat atau tidak termotivasi untuk mempelajari materi pelajaran. Untuk itu, peneliti memerlukan perencanaan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir dalam menerapkan media komik bahasa Arab: نوادر جحا للأطفال untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Melalui penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui efektifitas penggunaan media komik bahasa Arab: نوادر جحا للأطفالuntuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas X-b dalam kegiatan ekstrakulikuler bahasa Arab di Madrasah Aliyah Mambaul ‘Ulum Corogo Jogoroto Jombang, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media komik bahasa Arab: نوادر جحا للأطفال? 2. Bagaimana penerapan media pembelajaran komik bahasa Arab: نوادر جحا للأطفالuntuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa? 3.Bagaimana efektivitas penerapan media pembelajaran komik bahasa Arab: نوادر جحا للأطفالuntuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa?. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui instrumen penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 36 siswa kelas x-b dalam kegiatan ekstrakulikuler bahasa Arab di Madrasah Aliyah Mambaul ‘Ulum Corogo Jogoroto Jombang, maka digunakan T-test. Terdapat efektifitas penerapan media pembelajaran komik berbahasa arab: نوادر جحا للأطفالuntuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas X-b dalam kegiatan ekstrakulikuler Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Mambaul ‘Ulum Corogo Jogoroto Jombang. Melalui hasil analisis T-test diperoleh nilai T-hitung lebih besar daripada T-tabel yaitu: 12.982 > 2.030. Sehingga, menunjukkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Nawa Lauzianawanawa1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Komik; membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah nawa lauzia
Date Deposited: 10 Aug 2017 01:50
Last Modified: 27 Feb 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item