Profil kemampuan penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri ditinjau dari tipe kepribadian big five

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Diah Nurul Jamiatus (2017) Profil kemampuan penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri ditinjau dari tipe kepribadian big five. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih lemahnya kemampuan penalaran spasial yang dimiliki siswa. Dalam menyelesaikan permasalahan penalaran spasial, siswa terkadang masih bingung membayangkan terkait bangun ruang atau segala hal yang menjadi masalah penalaran spasial. Karena pentingnya penalaran spasial dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu bagi siswa untuk mengasah kemampuan penalaran spasialnya. Setiap siswa memiliki kemampuan penalaran spasial berbeda dan diantara penyebabnya adalah karena kepribadian yang dimiliki masing-masing siswa. Salah satu tipe kepribadian yang dikembangkan oleh para ahli adalah tipe kepribadian Big Five. Tipe kepribadian Big Five memiliki keterkaitan dengan penalaran spasial, karena salah satu dari kepribadian ini mempertimbangkan imajinasi siswa yang dalam hal ini digunakan dalam penalaran spasial. Tipe kepribadian Big Five ini dikelompokkan menjadi 5 yaitu, Extraversion, Openness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Agreeablenes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan masalah geometri sesuai dengan tipe kepribadian Big Five. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan materi matematika kelas VIII yaitu geometri bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Krian Sidoarjo pada siswa kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang diambil dari kelas VIII-E dan VIII-F, yaitu 1 siswa dari masing-masing tipe kepribadian Big Five. Dalam penelitian ini, triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik, yaitu data-data yang dikumpulkan berasal dari teknik tes tulis dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa SMP dengan tipe kepribadian Opennes (O) memiliki kemampuan penalaran spasial tinggi (spatial); (2) siswa SMP dengan tipe kepribadian Conscientiousness (C) memiliki kemampuan penalaran spasial sedang (fuzzy); (3) siswa SMP dengan tipe kepribadian Extraversion (E) memiliki kemampuan penalaran spasial rendah (plane); (4) siswa SMP dengan tipe kepribadian Agreeblenes (A) memiliki kemampuan penalaran spasial rendah (plane); (5) siswa SMP dengan tipe kepribadian Neuroticism (N) memiliki kemampuan penalaran spasial rendah (plane).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Diah Nurul Jamiatusdiahnuchita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Penalaran Spasial; Tipe Kepribadian Big Five
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SHOLIHAH DIAH NURUL JAMIATUS
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:16
Last Modified: 10 Aug 2017 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item