This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hakim, Arif Rahman (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis android mengacu pada tahapan belajar geometri van hiele pada bahasan bangun ruang sisi datar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (352kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (357kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (803kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (606kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (358kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (446kB) |
Abstract
Tercatat sebanyak 39 % pengguna smartphone merupakan anak muda usia sekolah. Namun, sebagian besar hanya menggunakannya untuk browsing, bersosial media, dan bermain game. Padahal, banyak sekali konten edukasi yang bisa didapatkan dari sebeuah smartphone. Guna menambah pilihan konten edukasi bagi pelajar, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis Android mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele; (2) kepraktisan; dan (3) keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Android mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele. Media pembelajaran dikembangkan dengan mengadopsi model pengembangan Sugiyono. Data-data pada penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen penelitian lembar validasi, dan tes hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang diberi nama G-Forest dikembangkan menggunakan 6 tahapan awal dari model pengembangan Sugiyono, yaitu (1) Tahap potensi dan masalah; (2) Tahap mengumpulkan informasi; (3) Tahap desain produk; (4) Tahap validasi desain; (5) Tahap perbaikan desain; (6) Tahap uji coba produk terbatas kemudian dilanjutkan dengan produksi terbatas. Selain itu, penelitian ini menghasilkan media yang praktis karena telah dinilai praktis dilihat dari aspek isi, tampilan, kebahasaan, dan penggunaan. Media yang dihasilkan juga telah dinilai efektif, dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Media; android | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Hakim Arif Rahman | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 02:57 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 02:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19120 |
Actions (login required)
View Item |