Dakwah pada jamaah kelas menengah: study strategi dakwah Majelis Ta'lim Bunda Muslimah Az-Zahra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdiyah, Naila (2017) Dakwah pada jamaah kelas menengah: study strategi dakwah Majelis Ta'lim Bunda Muslimah Az-Zahra. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (632kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (697kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Bunda Muslimah Az-Zahra adalah Majelis Ta’lim yang keseluruhan jamaahnya adalah wanita yang rata-rata menduduki kelas sosial menengah bahkan menengah atas perkerjaannya rata-rata adalah ibu rumah tangga dan sebagian wirausaha wati. Jumlah jamaah mencapai 1800, dakwahnya terbilang moderen dan inovativ dalam proses dakwahnya memanfaatkan media elektronik & media sosial. Ada dua pengajian rutin, pengajian hari rabu, pengajian hari jum’at. Pada event tertentu ada bakti sosial dan wisata religi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap informan yang berkaitan langsung dengan Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra yaitu jamaah dan pengurus. Hasil dari observasi dan wawancara dikonfirmasi ulang kepada pihak pengurus inti atau ketua Az-Zahra yang mengikuti perjalanan awal berdirinya Az-Zahra sehingga dapat diperoleh data tentang strategi dakwahnya.
Hasil penelitian ini ditemukan; 1) Strategi dakwah Az-Zahra adalah strategi dakwah tematik, strategi dakwah aksi sosial dan sharing dakwah media sosial. 2) Perencanaan dakwah sepenuhnya dilakukan oleh jamaah Az-Zahra sebagai pemikir dan pelaksana dakwah pada awal mula berdirinya Az-Zahra yang didasari atas tujuan untuk tolab al-ilmi dan memperbaiki kualitas spiritual sehingga menjadi muslimah kaffah dan tafakkuh fi al-din . 3) Faktor pendukung, Pengalaman dan Kemampuan Networking Jamaah, Jamaah rata-rata menempati kelas sosial menengah dan menengah atas mudah untuk diajak dakwah bi al-mal, Dukungan Pemerintah daerah dan instanasi yang menyediakan lokasi untuk pengajian. Faktor penghambat, Keterbatasan Tempat/ belum memiliki sekretariat, Stereotip Kelompok pengajian untuk orang kaya yang ditujukan pada Az-Zahra.Solusi, pinjaman ruko dari salah satu jamaah untuk sekretariat, mendapat jadwal pinjaman tempat dari Sun Hotel dan dukungan Pemerintah Daerah Sidoarjo yaitu meminjampakan Pendopo Kabupaten sebagai lokasi pengajian, Az-Zahra mencoba menunjukkan bahwa Az-Zahra tidak membedakan kelas sosial jamaah. Rekomendasi penelitian selanjutnya meneliti tentang “Stereotip “pengajian untuk orang kaya” terhadap Az-Zahra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdiyah, Nailanayla.nahdiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: Dakwah; Strategi Dakwah; Jamaah; Kelas Menengah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nahdiyah Naila
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:28
Last Modified: 14 Aug 2017 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item View Item