This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hendriyono, Hendriyono (2017) Perencanaan, implementasi, dan evaluasi rekrutmen SDM Masjid berbasis pemasaran sosial: studi kasus rekrutmen SDM remaja Masjid Ar Rahman Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (355kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) |
Abstract
Latar belakang tesis ini adalah kebutuhan rekrutmen SDM untuk memakmurkan Masjid. Rekrutmen SDM kecenderungan bersifat transaksional material, padahal kondisi Masjid sulit memberikan kompensasi material. Karena itu dibutuhkan sebuah rekrutmen berbasis pemasaran sosial yang bersifat perubahan perilaku yang menawarkan produk sosial. Remaja Masjid Ar Rahman Surabaya merupakan organisasi yang menggunakan rekrutmen SDM berbasis pemasaran sosial.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik mengkaji Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Rekrutmen SDM berbasis Pemasaran Sosial REMAS Masjid Ar Rahman Surabaya.Tujuan penelitian mendeskripsikan proses Perencanaan, Implementasi, Evaluasi rekrutmen SDM berbasis Pemasaran Sosial REMAS Ar Rahman Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul dicatat dan dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data kemudian interpretasi data. Hasil penelitian, dalam perencanaan kualifikasi SDM merupakan remaja Muslim di wonokusomo umur 12 – 30 tahun. Produk sosial berupa ide berupa sikap perubahan perilaku dan praktek sosial berupa kegiatan keagamaan. Sumber calon SDM dari eksternal Masjid. Metode rekrutmen menggunakan basis data calon SDM dari masyarakat yang direkrut masyarakat, dan menggunakan jemput bola. Dalam implementasi SDM lapangan melibatkan masyarakat baik keluarga, tetangga, murid TPA dan calon SDM REMAS. Dalam implementasi rekrutmen yang dijalankan menggunakan cognitif change berupa dialog dan kesadaran, action change berupa kegiatan keagamaan, dan value berupa visi, misi, dan motto berubah menjadi lebih baik. Dalam evaluasi rekrutemen SDM REMAS Ar Rahman, cukup berhasil dengan 46 orang. Faktor keberhasilan karena dukungan masyarakat dan strategi jemput bola, sedangkan faktor penghambat SDM lapangan bersifat sukarela.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Dakwah Masjid Dirasah Islamiyah |
||||||
Keywords: | Perencanaan; Implementasi; Evaluasi; Pemasaran Sosial; Rekrutmen | ||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Hendriyono Hendriyono | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 02:49 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2017 02:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19261 |
Actions (login required)
View Item |