Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Fiqih (2017) Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (465kB)

Abstract

Proses kognisi ketika individu menghadapi masalah terdiri dari tiga level yaitu kognisi, metakognisi, dan epistemic cognition. Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dipengaruhi oleh gaya kognitif. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas XI MIA 1 MAN Sidoarjo. Subjek terdiri dari 3 peserta didik dengan gaya kognitif verbalizer dan 3 peserta didik dengan gaya kognitif visualizer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemecahan masalah dan wawancara. Soal pemecahan masalah dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika.Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan: (1) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif verbalizer dalam memecahkan masalah matematika termasuk level dominan rasional. Hal tersebut terlihat dari karakteristik epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika yaitu peserta didik cenderung lebih banyak menggunakan strategi metakognisi, pendekatan dan justifikasi dalam memecahkan masalah secara rasional. (2) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif visualizer dalam memecahkan masalah matematika termasuk level rasional empiris. Hal tersebut terlihat dari karakteristik epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Peserta didik melaksanakan strategi metakognisi, pendekatan pemecahan masalah secara rasional dan justifikasi dalam memecahkan masalah secara rasional empiris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Fiqihfiqihchichi20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Gaya kognitif; epistemic cognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FIRDAUS FIQIH
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:33
Last Modified: 11 Aug 2017 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item